Tips Belanja Online Aman Dan Tidak Tertipu

By Tino Berita  |  01.10 No comments

Tips cara belanja online di internet agar tidak kena tipu dan agar belanja online aman nyaman perlu diketahui karena memang perkembangan teknologi informatika dan layanan internet begitu pesatnya.

Jual beli online atau e-commerce selain memberi banyak manfaat terkadang juga tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk kegiatan melanggar hukum seperti penipuan. Hal tersebut tentu saja menimbulkan rumor yang buruk terkait jual beli online dan perdagangan barang produk secara online di internet.

Tips Belanja Online Aman Dan Tidak Tertipu

Belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan beberapa wanita maupun pria lebih suka mencari barang melalui toko online karena mudah dan tidak perlu ekstra usaha untuk pergi ke toko terdekat. Namun terkadang belanja online ini tak selalu menyenangkan. Apalagi jika ternyata barang yang dibeli palsu.

Online shopping alias belanja secara online sepertinya sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bukan hanya menghemat banyak waktu, tetapi juga memungkinkan kita mendapatkan kesepakatan harga terbaik. Tetapi kita juga harus hati-hati dan waspada agar kita tidak kena tipu ketika berbelanja secara online.

Kerugian Keuntungan Belanja Online


Manfaat keuntungan belanja online memberikan kemudahan dalam mencari produk yang diinginkan, tidak repot, hemat waktu, bahkan tidak jarang hemat biaya juga.

Belanja online memberi anda hak istimewa untuk berbelanja kapanpun anda inginkan. Toko-toko tidak pernah tutup dan anda dapat melakukan belanja 24 jam non stop setiap hari.

Banyak situs memberikan diskon khusus dari waktu ke waktu untuk menarik pelanggan. Anda selalu dapat membeli produk tersebut dan menghemat uang dan inilah termasuk dari bagian keuntungan membeli produk secara online.

Kerugian berbelanja online antara lain akan ada jeda waktu ketika memesan membeli barang atau produk dan pengiriman produk barang yang kita beli secara online.

Biaya pengiriman tinggi dan sering adanya tambahan biaya produk. Perusahaan biasanya menetapkan biaya pengiriman yang sangat tinggi, yang menambah total pengeluaran. Jika produk dikirim dari negara lain, maka anda bertanggung jawab untuk membayar pajak tambahan juga.

Penipuan yang seringkali terjadi dalam proses transaksi belanja online dan juga modus pembayaran mungkin tidak aman. Melakukan pembayaran online melalui debet atau kartu kredit mungkin merupakan modus transaksi yang rawan. Oleh karena itu penting untuk memeriksa apakah ada jaminan gateway pembayaran atau tidak.

Kerugian Keuntungan Belanja Online

Tips Aman Belanja Online


Efek dari maraknya terjadi penipuan di dunia internet ini membuat banyak orang tidak percaya kepada sesama lainnya, sekalipun orang tersebut tidak berniat untuk melakukan hal yang tidak pantasnya.

Berikut ini tips kiat cara aman berbelanja online di Internet antara lain adalah sebagai berikut :

Beli Produk Di Situs Toko Online Terpercaya

Beli produk di toko online terpercaya lebih aman daripada yang baru Anda temui saat menelusuri internet. Bila kita akan berbelanja di online shop yang tidak diketahui sebelumnya maka harus memeriksa situs tersebut dan membaca deskripsi produk sebelum membelinya.

Perlu diketahui terkadang ada beberapa oknum yang sengaja membuat website toko online namun website toko online tersebut sengaja dibuat untuk penipuan. Maka sebelum anda memilih website toko online untuk berbelanja maka alangkah lebih baik anda melihat track record website tersebut terlebih dahulu.

Pilihlah website yang terpercaya dan sudah memiliki kredibilitas dalam dunia jual beli online. Atau, terlebih dahulu cari informasi terkait situs tersebut, misalnya bertanya kepada teman dan keluarga yang pernah melakukan transaksi di situs tersebut.

Jangan lupa membaca kebijakan dari situs jual beli online tersebut juga, apakah ada kebijakan garansi barang hingga pengembalian uang jika barang yang sudah dibeli diterima dalam keadaan cacat.

Pastikan juga bahwa tidak ada kebijakan yang merugikan pembeli, serta pastikan pula data-data pribadi akan dilindungi dan tidak disebarluaskan ke pihak lain. Ini adalah bagian dari cara tips mengecek kredibilitas situs belanja online yang akan kita beli produknya.

Selidiki Reputasi Situs

Situs e-commerce setidaknya menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pelayanan konsumen atau untuk memesan barang. Cari tahu juga bagaimana reputasi perusahaan dalam melayani konsumennya, misalnya dengan mencari informasinya lewat Google.

Jika kebetulan Anda baru pertama kali membeli lewat situs, pesan barang yang murah terlebih dahulu untuk mengamati apakah situs tersebut bisa dipercaya. Tidak lupa baca privasi dan keamanan berbelanja dari situs tersebut.

Perhatikan seksama informasi ini agar Anda tidak dirugikan. Meski demikian, tak bisa dijamin kebijakan ini selalu diberlakukan dengan baik. Karena itu, selalu berhati-hatilah dalam bertransaksi.

Jangan Tergiur Harga Murah

Untuk memastikan harga produk yang ingin dibeli, baiknya konsumen mencari tahu kisaran harga produk tersebut di pasaran, sehingga tidak akan mudah tertipu dengan toko yang menjual produk tersebut dengan harga miring.

Baca Deskripsi Produk Barang Online

Sebelum memutuskan membeli produk, Anda wajib membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu dengan teliti. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Jika ada yang kurang jelas, langsung hubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang diinginkan.

Gunakan Pilihan Cash on Delivery (COD)

Salah satu cara paling aman untuk berbelanja online adalah dengan memilih opsi COD atau membayar di tempat. Cara ini dipilih biasanya bermanfaat untuk meminimalkan penipuan. Jadi, jangan terburu-buru menggunakan opsi membayar dengan kartu kredit.

Sistem Cash On Delivery (COD) yaitu antara pembeli dan penjual melakukan ketemuan langsung untuk melakukan transaksi. Tentu saja jika memakai sistem COD ini antara pembeli dan penjual masih dalam daerah yang sama dan dekat.

Hindari melakukan transfer uang terlebih dahulu jika penjual berlokasi yang jauh. Hal tersebut rentan terjadi penipuan. Uang sudah anda transfer namun barang tidak dikirim.

Simpan Bukti Transaksi Pembelian Secara Online

Untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, kita wajib menyimpan bukti transaksi seperti resi transfer dan histori percakapan dengan penjual, hingga transaksi benar-benar selesai.

Jadi apabila terjadi kesalahan pengiriman atau penjual menyatakan belum menerima pembayaran, pembeli bisa menunjukkan bukti-bukti tersebut kepada penjual.

Simpan Salinan Pemesanan. Penting untuk menyimpan salinan pemesanan dari barang yang Anda beli di toko online. Tidak hanya sebagai surat keterangan, salinan pemesanan juga akan membantu untuk melacak pesanan Anda jika terjadi masalah dalam pengiriman.

Atau, cetak formulir pemesanan yang Anda gunakan dalam pembelian sebagai opsi untuk menunjukkan setelah pengiriman barang Anda.

Jangan terlalu percaya dengan agen-agen yang menjual produknya terlalu murah dengan cara online. Karena jika produk yang ditawarkan harganya jauh dari pasaran, maka 99% akan menipu. Maka dari itu anda harus berhati-hati dalam belanja online.

Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

0 komentar:

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP