Jadwal UKG 9-27 November 2015

By Tino Berita  |  19.25 10 comments

Jadwal pelaksanaan Uji Kompetensi Guru UKG Online November 2015 ini akan berlangsung dari tanggal 9-27 November. Karena memang Kemendikbud Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan akan mengadakan Uji Kompetensi Guru online dan offline bagi guru PNS maupun guru Non PNS.

Sumarna Suryapranata selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud mengatakan bahwa sasaran uji kompetensi guru adalah guru PNS dan honorer di Indonesia sejumlah 3.015.315 guru.

Selama ini baru sekitar 1,6 juta guru yang memiliki potret UKG. Mereka adalah guru-guru yang sudah sertifikasi dan yang mau sertifikasi. Potret UKG tersebut dimiliki dari hasil UKA.

Jadwal UKG 9-27 November 2015

Uji Kompetensi Guru ini tak hanya diperuntukkan guru PNS saja. Guru honorer nantinya juga ikut dalam uji kompetensi guru ini di tahun ini pula.

Tujuan maksud manfaat Uji Kompetensi Guru (UKG 2015) adalah salah satunya melakukan pemetaan terhadap kompetensi guru diseluruh Indonesia, yang mana nantinya data yang diperoleh akan digunakan oleh Pemerintah dalam menentukan kebijakan-kebijakan terhadap guru.

Berdasarkan pada Pedoman Uji Kompetensi Guru yang di keluarkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, jadwal pelaksanaan UKG online 2015 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada 9-27 November 2015 mendatang.

Sedangkan untuk jadwal UKG offline manual 2015 pelaksanaannya akan berlangsung selama 1 hari yang waktunya akan ditentukan kemudian diantara pelaksanaan UKG online atau pun setelahnya.

Baca juga informasi mengenai :
Durasi waktu pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah.

Semakin banyak Tempat Uji Kompetensi yang akan dilakukan dan dilaksanakan pada tes kompetensi guru sertifikasi di tahun 2015 ini

Jadwal UKG Online November 2015

UKG online dimulai secara serentak di semua TUK pada tanggal yang telah ditetapkan dan dilaksanakan selama 120 menit atau 2 jam.

Pelaksanaan UKG setiap hari dibagi dalam 2 (dua) sampai 3 (tiga) gelombang. Untuk itulah bersiap dalam melaksanakan uji kompetensi guru pendidik pula nantinya.

Jadwal Pelaksanaan UKG Online 2015

Jadwal Pelaksanaan UKG Online 2015

Jadwal Pelaksanaan UKG Online 2015 Gelombang 1 dan 2

Jadwal Pelaksanaan UKG Offline 2015

Jadwal Pelaksanaan UKG Offline 2015

Pengumuman Kelulusan Hasil UKG 2015


Daftar nama peserta UKG November 2015 yang lulus uji kompetensi akan diumumkan setelah pelaksanaan ujian telah selesai dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Sumarna mengatakan, dengan ujian ini akan diketahui kemampuan guru. Bagi guru yang kompetensinya kurang, kata dia, akan diberikan pembekalan melalui pengembangan profesi berkelanjutan. "Tidak melulu tatap muka, tetapi bisa daring," katanya.

Guru-guru akan dikelompokkan sesuai kemampuannya mengacu pada hasil ujian tersebut. Mereka yang meraih skor tinggi cukup mengikuti pembekalan wajib selama 4-10 jam. Sementara yang meraih skor kurang akan lebih banyak jumlah jamnya.

Sumarna menyebutkan, saat ini rata-rata nilai UKG 4,7. Target tahun ini, kata dia, rata-rata nilai UKG 5,5. "Nanti tahun 2019 rata-rata kompetensi guru 8,0," katanya. Dan tentunya nilai lulus UKG juga akan menjadi skor untuk melakukan penilaian lulus tidaknya guru dalam melakukan Uji Kompetensi Guru online dan offline tahun ini.

Untuk mencapai target tersebut, lanjut Sumarna, berbagai macam perlakuan dilakukan terhadap guru. Namun demikian, kata dia, peningkatan kompetensi guru bukan melulu tugas pemerintah, tetapi kewajiban individu guru juga ada. "Target kita adalah melakukan ujian terhadap mereka dan akan dilakukan peningkatan kompetensi.

Tag : Pendidikan
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

10 komentar:

  1. Pak tino, Cemane ndak nyingok tapan ukg nye ikak, woi

    BalasHapus
  2. Dengan UKG Online mudah-mudahan guru-guru yang ada di Indonesia lebih meningkatkan keprofesionalisme , kepribadian dan sosial,Semoga Allah Swt melindungiNya,Amin

    BalasHapus
  3. jadwalnya mana pak ? kok gak ada

    BalasHapus
  4. Gimana dengan guru swasta?
    Apa peranan pemerintah terhadap guru swasta? tuntutan bagi guru swasta sangat banyak, namun tidak ada perhatian. kalau yayasan kami tunggu untuk menjemput bola, katakanlah tunjangan non ser itu tidak mungkin, itu tidak ada untungnya bagi mereka/yayasan. Jadi ini menambai pekerjaan guru swasta saja. kalau masalah profesional, saya yakin lebih profesional dan energik guru swasta kok daripada guru PNS. coba kita flashback, tidak banyak orang yang jadi pemimpin dan sukses keluar dari sekolah negeri. Jadi mohonlah para wakil rakyat memperhatikannya. terimakasih. GBU!

    BalasHapus
  5. 7 tahun saya mengabdi tapi kenapa bisa namaku ngga ada di daftar ukg.

    BalasHapus
  6. Pak klo nilainya 52,5 bs dbultkan tdk ya

    BalasHapus
  7. Luluk Wardani SMAN1AbungTimur Lampung Utara12 November 2015 08.20

    Trimakasih Bpk Mendikbud, dgn UKG mdh2n membuat kami para guru berkompetisi sehat

    BalasHapus
  8. antara kisi-kisi soal dengan soal yang diujikan tidak sesuai, mungkin penyusun soal tidak profesional. bedakanlah guru yang mengajar dengan KTSP dengan yang mengajar K13 kok soalnya sama sih?
    beberapa soal geo sma cacat, tidak lengkap. itu fakta..
    tapi saya sangat mendukung program ini, hanya saya kurang puas dengan struktur, konsep dan bentuk soal ini karena saya mengajar di sekolah KTSP, jadi tidak terbiasa dengan konsep yang berkaitan dengan K13`

    BalasHapus

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP