Pertalite BBM Jenis Baru Pengganti Premium

By Tino Berita  |  19.13 18 comments

Pertalite jenis BBM bensin baru akan menggantikan premium per Mei 2015. Hal tersebut diutarakan oleh Eri Purnomohadi selaku Ketua Umum Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas).

Bensin jenis baru Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax. Sehingga dengan demikian maka ukuran RON untuk Pertalite diperkirakan antara RON 90 hingga RON 92 dengan harga lebih murah dari pertamax dan lebih mahal dari premium.

BBM baru ini termasuk dalam BBM non subsidi sehingga dengan demikian harga pertalite akan langsung ditetapkan oleh PT Pertamina sendiri dalam hal penjualan.

Pertalite BBM Jenis Baru Pengganti Premium

BBM Bensin Baru Pertalite


Mulai Mei 2015 PT Pertamina (Persero) akan menghapus penjualan bensin premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kota-kota besar yang jarang dilalui angkutan umum.

PT Pertamina (Persero) menyatakan bakal merilis produk bahan bakar minyak (BBM) baru bernama Pertalite. Sedianya, bensin yang akan mengganti keberadaan Premium itu akan diujicoba pada semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang berada di jalan tol per Mei 2015.

Keputusan Pertamina untuk memproduksi bensin jenis baru mendapat dukungan pemerintah. Apalagi dengan harga Premium yang naik turun yang disesuaikan dengan harga pasaran minyak dunia dan nilai tukar dolar sehingga kecenderungan Harga Premium Naik Tahun 2015 ini juga akan sering dilakukan pemerintah pula

Menko Perekonomian Sofyan Djalil menyatakan siap mendukung keputusan tersebut. Menurut dia, menghilangkan bensin premium di beberapa SPBU memang menjadi tujuan pemerintah.

Keunggulan Kelebihan Pertalite

Ada beberapa keunggulan keistimewaan dan juga kelebihan BBM jenis Pertalite ini dibandingkan dengan premium antara lain adalah sebagai berikut :
  • Pertalite memiliki kadar oktan lebih tinggi dari premium dan lebih rendah dari pertamax. Dengan begitu untuk setiap konsumen yang menggunakan produk ini pun diklaim akan menghasilkan pembakaran yang optimal pada kinerja mesin kendaraan.
  • Bensin baru pertalite ini lebih bersih sehingga Pertalite juga dipastikan tidak membuat mesin kendaraan mudah rusak dan bunyi.
  • Produk ini memiliki kandungan Ron yang lebih baik dan ramah lingkungan dibandingkan premium.
  • Pertalite ini lebih bersih, lebih ringan, lebih bagus daripada Premium, tapi harganya lebih murah dari Pertamax.
  • Produk BBM baru ini juga akan ditambahkan beberapa bahan aditif dan pewarna hingga kualiasnya lebih baik dibandingkan premium.
BBM Bensin Baru Pertalite

PT Pertamina (Persero) akan menghapus bensin Premium secara bertahap, dan menggantinya dengan bensin jenis baru bernama Pertalite. Pengusaha SPBU mengungkapkan, bensin baru tersebut memiliki RON 90-91.

Terkait dengan penghapusan premium Menteri ESDM Sudirman Said memberi waktu selambat-lambatnya dua tahun kepada PT Pertamina untuk menghapus premium RON 88.

Sehingga pada 2017 nanti tidak ada lagi premium yang dijual di SPBU. Apalagi di pasar minyak internasional, hampir tidak ada lagi yang memproduksi atau menjual premium alias gasoil RON 88.

Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

18 komentar:

  1. Waahh makasih nih infonya.. di daerah rumah saya baru ada pertalite, kirain itu apa ternyata begini😊

    BalasHapus
  2. Alhamulailah 2 mingguani aku sudah pakai, Dan lumayan .enak rasanya di mesin motor matikku.

    BalasHapus
  3. lebih rimgam tarikan kendaraan saya setelah menggunakan bahan bakar pertalite ...

    BalasHapus
  4. Hampir saja komplain ke spbu gara gara takarannya tak sesuai biasanya ternyata di iso pertalite

    BalasHapus
  5. Di jambi blum masuk ya pertalite ny

    BalasHapus
  6. Pertalite tarikanya montor saya enak sekali

    BalasHapus
  7. Lebih murah dari pertamax ? Diwilayah saya lebih malah pertalite dari pertamax

    BalasHapus
  8. Masyarakat blum terlalu kenal ...

    BalasHapus
  9. Yang jadi pertanyaan nya apa mesin motor 2 tak yang rasio kompresi nya rendah 6:1 -8:1, motor 4 tak stasioner seperti genset, mesin pompa air, mesin kompresor angin, mesin potong rumput, dan mesin fogging nyamuk DBD apa harus pakai bensin Pertalite RON 90 yang lebih cocok untuk mesin kendaraan 4 tak modern baik sepeda motor, skuter matik dan mobil mesin bensin dengan rasio kompresi 9:1 ke atas kalau bensin Premium RON 88 dihapus? Lagipula PT Pertamina tidak pernah bilang untuk menghapus bensin Premium RON 88.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarx 2Tdan 4T sama saja rasio kompresinya mas. Cuman kalau 2T kompresi total didapat dari kompresi primer + kompresi sekunder jadi hasilnya kurang lebih sama mas

      Hapus
  10. Gmn ya klu untuk motor RX King 2T beresiko nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya udah coba di motor king saya, 2 bulan saya pakai pertalite sekarang beratnya udah naik sekitar 4kg, jadi lebih sehat hahahaha

      Hapus
  11. Saya sudah buktikan sendiri di motor 250cc milik saya, tarikan motor saya begitu ringan, pertalite nyaris seperti pertamax.

    BalasHapus
  12. kalau massa jenis pertalite berapa ya gan ??

    BalasHapus

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP