Tanda Ciri Bayi Anak Sehat

By Tino Berita  |  00.58 No comments

Mempunyai anak dan bayi yang sehat tentunya menjadi dambaan setiap orang tua. Mengenali tanda ciri bayi dan anak yang sehat perlu juga diketahui dan dipahami dengan baik oleh para orang tua.

Karena dengan demikian diharapkan nantinya pertumbuhan dan perkembangan sang anak buah hati menjadi lebih terpantau dan terpelihara dengan baik pula oleh para orang tua.

Ciri-ciri anak sehat secara fisik, psikologis, mental sosial adalah merupakan pertanda nantinya juga perkembangan pertumbuhan secara fisik emosional dan sosial anak juga berjalan dengan baik pula.

Tanda Ciri Bayi Anak Sehat

Tanda-Tanda Bayi Sehat


Berikut beberapa tanda gejala bayi sehat yang dilansir dari media parentsindonesia.com yang menginformasikan terkait dengan ciri bayi sehat dan bahagia antara lain adalah sebagai berikut :

Bayi Tenang Dengan Sentuhan Dan Suara Ibu

Bayi mengalami perkembangan emosional. Bayi baru lahir tentu sering menangis. Dan mungkin mengajak dia bicara bukan cara mujarab untuk menghentikan tangis. Namun suara Anda san bunda akan begitu akrab di telinga bayi sejak dia masih berada di dalam kandungan sehingga wajar jika perhatian akan tertuju pada suara sang ibu.

Suara ibu adalah salah satu bagian terbesar selama bayi berada di dalam kandungan. Setelah dia lahir, setiap kali dia mendengar suara bunda ibunya ketika dibedong, digendong , dan merasakan panas tubuh Anda, dia seolah kembali ke masa-masa indah serta damai di dalam perut Anda.

Ketika bayi merasa tenang berkat kehadiran sang ibu, itulah langkah pertama jalinan kedekatan antara ibu dan bayi sekaligus pertanda jelas bahwa emosinya berkembang.

Bayi mengenali suara baru dan diam untuk mendengar

Pendengaran berkembang dan otaknya mengenali suara. Indra pendengaran sudah mulai matang sejak bayi baru lahir. Namun bayi perlu waktu untuk membedakan white noise yang dia dengar sehari-hari seperti percikan air dan dengung mesin cuci, dengan suara-suara baru. Suara musik biasanya bisa mencuri perhatian bayi.

Begitu Anda melihat bayi merespon bunyi dengan cara mencari sumber bunyi, Anda bisa tahu bahwa telinganya sehat dan dia punya rasa penasaran. Dengan bertambahnya usia, pendengaran makin baik. Pada usia 9 bulan bayi sudah bisa mengidentifikasikan suara yang berjarak 1 meter darinya termasuk ketika namanya dipanggil.

Bahagia dan responsif

Ketika diajak bicara, tanda balita sehat adalah dengan menunjukkan kontak mata yang responsif. Untuk menstimulasinya, ajak anak bicara setiap ada kesempatan. Saat makan, bermain, atau diajak bepergian. Biasakan berbicara dengan melihat mata balita.

Rambut tidak mudah kusam dan rontok

Jangan abaikan bila rambut balita mudah rontok dan tampak kusam. Bisa jadi dia kekurangan zat gizi tertentu, seperti vitamin B kompleks dan mineral seng (zinc). Sebaliknya, dengan rambut mengilap dan kuat, menunjukkan bahwa balita cukup gizi, serta kebersihan rambut dan kulit kepalanya terjaga.

Bayi yang sehat ditandai dengan makan dengan teratur, berat badannya naik, dan Anda mengganti popoknya sekitar 5 sampai 8 kali sehari.

Sedangkan tanda anak sehat lainnya antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Tampak aktif atau gesit dan gembira.
  2. Mata bersih dan bersinar.
  3. Anak sehat nafsu makannya baik.
  4. Bibir dan lidah tampak segar.
  5. Pernapasan tidak berbau.
  6. Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering.
  7. Ciri anak sehat lainnya adalah mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.
Tanda Ciri Anak Sehat Dan Cerdas

Tanda Ciri Anak Sehat Dan Cerdas


Anak cerdas memang memiliki ciri-ciri tersendiri. Pada umumnya mereka akan tumbuh kembang berbeda dengan anak lainnya. Terutama tingkat kecerdasannya yang melebihi batas normal.

Pada umumnya anak yang cerdas akan memiliki skor IQ yang tinggi. Mengenali tanda-tanda anak cerdas sejak dini dengan kita orang tua mengamati pertumbuhan perkembangan sejak anak usia dini.

Oleh karena itu perhatikan dengan baik perkembangan anak kita untuk mendeteksi apakah anak kita termasuk anak yang pintar atau biasa-biasa saja.

Kemampuan berjalan dan berbicara yang lebih cepat

Ada beberapa anak yang memiliki kemampuan ini lebih pesat dari pada anak lainnya. Maka tak heran anak yang cerdas akan lebih cepat untuk berjalan dan anak akan bisa lebih cepat untuk berbicara.

Hal yang menyebabkan cepatnya perkembangan berjalan dan berbicara tersebut dikarenakan anak memiliki kemampuan koordinasi tubuh yang sangat baik dan biasanya kemampuan motorik kasarnya akan lebih cepat berkembang bila dibandingkan dengan kemampuan motorik halusnya.

Memiliki fisik yang kuat

Fisik yang baik akan menunjang segala aktivitas anak. Anak-anak cerdas biasanya akan bersifat energik dan tidak mengenal kata lelah. Meskipun anak kurang istirahat akan tetapi ia tetap semangat menjalani aktivitasnya. Dalam beberapa studi didapati bahwa anak cerdas akan susah untuk diajak tidur siang dan anak cenderung kuat hingga larut malam.

Selain itu fisik anak cerdas akan lebih besar terutama space otaknya. Space otak yang besar ini memungkinkan anak untuk berpikir lebih kuat.

Memiliki Kreativitas dan banyak akal

Anak cerdas memiliki kemampuan kreativitas yang tinggi. Ia akan bisa mengutak-atik kemampuan berpikirnya. Ketika anak memiliki permasalahan maka ia akan dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahannya.

Anak sudah mampu untuk membaca di usia kecil

Anak yang cerdas akan memiliki kemampuan untuk mengingat yang sangat kuat. Sehingga ketika anak diajari untuk membaca maka dengan cepat ia bisa merekam apa yang telah diajarkan kepadanya.

Selain itu anak yang cerdas akan bisa belajar lebih cepat bila dibandingkan dengan anak lainnya. Menurut pengalaman mengajari anak cerdas akan lebih mudah apabila dibandingkan dengan anak yang memiliki perkembangan biasa-biasa saja.

Kalau anak yang cerdas kita ajari untuk membaca maka tidak perlu banyak mengulang. Diajari satu dua kali anak akan bisa mengingat apa yang telah diajarkan.

Tag : Parenting
Author: Tino Berita

Hanya seorang blogger yang ingin berbagi informasi dan pengetahuan dan semoga bisa memberikan manfaat kepada kita semuanya

0 komentar:

Recent Articles

© 2014 ~ 2016 Tino Berita ~ WP Themonic ~ Template by Bloggertheme9 Powered by Blogger ~ News Farras ~ Sehat Kita Semua
TOP